Beli Mobil Baru, Apakah Wajib Asuransi? Ternyata Ini Jawabannya

Bagi para pemilik kendaraan terutama mobil perlu menanggung resiko mengalami kerusakan maupun barang hilang. Maka dari itu, keberadaan mobil baru perlu melengkapinya dengan asuransi mobil terbaik. Lalu, beli mobil baru, apakah wajib asuransi?

Melindungi Mobil dengan Asuransi

Asuransi adalah perjanjian yang didalamnya terdapat kesepakatan antara penanggung jawab dan kewajiban bagi tertanggung untuk membayar iuran dalam bentuk premi.

Secara gratis besar, asuransi mobil terdiri atas all risk dan total loss only. Asuransi jenis all risk menanggung segala resiko yang bakal terjadi termasuk lecet pada bagian bodi mobil.

Sedangkan asuransi total loss menanggung keseluruhan biaya pertanggungan saat mobile Anda hilang maupun terjadi kerusakan total hingga 70 persen dari harga mobil. Pembiayaan total loss lebih murah dibandingkan all risk.

Meskipun demikian, pemilihan jenis asuransi perlu disesuaikan dengan potensi resiko yang mungkin dialami oleh pemilik mobil.

Beli Mobil Baru Apa Perlu Wajib Asuransi?

Asuransi mobil baru wajib hampir dilaksanakan di berbagai negara bagi para pemilik kendaraan roda empat . Jenis asuransi tersebut member dua macam perlindungan bagi pengendara yakni tanggung yang berhubungan dengan cedera tubuh baik kecelakaan terjadi pada pemilik mobil maupun orang lain. Berikut alasan pentingnya asuransi.

  • Perlindungan diri
  • Mampu memberikan perlindungan bagi penumpang
  • Beban biaya perbaikan mobil menjadi ringan
  • Terdapat perlindungan uang
  • Pihak pemberi sewa mobil membutuhkan asuransi
  • Apabila terjadi masalah, problem solvingnya tidak terlalu rumit

Maksud perlindungan diri sebagai alasan penting asuransi mobil yakni, pertanggung jawaban apabila sesuatu terjadi saat berkendara. Misal, Saat Anda mengalami tabrakan dengan pengemudi lainnya yang tidak mempunyai asuransi. Maka asuransi yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan medis.

Asuransi tidak hanya menanggung biaya medis untuk pemilik maupun pengemudi. Namun, para penumpang yang ada di dalam mobil berhak memperoleh perlindungan dari asuransi. Selain itu, asuransi dapat meringankan beban biaya dari perbaikan mobil.

Bagi Anda yang sedang mencari asuransi mobil terbaik pastikan jangan salah pilih. Usahakan memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda dari beberapa jenis asuransi yang ditawarkan oleh pihak layanan jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *