Mengenal Apa Itu Sukrosa Dalam Susu dan Dampak Pada Kesehatan Anak

Mengenal Apa Itu Sukrosa Dalam Susu dan Dampak Pada Kesehatan Anak

Susu menjadi salah satu minuman yang sangat disarankan untuk diberikan pada anak-anak. Pasalnya, dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya, susu bisa menunjang pertumbuhan anak. Namun, perlu diketahui bahwa produk susu ada yang mengandung sukrosa. Nah, apa itu sukrosa dalam susu?

Secara umum, sukrosa adalah gula yang ditambahkan untuk memberikan rasa manis pada produk susu. Dengan rasa manis tersebut, tentu anak akan cenderung lebih menyukai susu yang diberikan dan mau meminumnya setiap hari.

Pengertian Mendasar Tentang Sukrosa

Dalam pengertian mendasar, sukrosa merupakan nama lain dari gula pasir yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat. Sukrosa ini adalah gabungan dari dua molekul yang berbeda, yaitu fruktosa dan juga glukosa.

Perlu diketahui bahwa sukrosa juga bisa didapatkan secara alami dari produk susu hewani dan juga ASI. Hanya saja, tidak sedikit produk susu di pasaran yang memberikan tambahan sukrosa untuk perasa.

Dampak Konsumsi Sukrosa Berlebih Pada Kesehatan Anak

Selain memahami apa itu sukrosa dalam susu, tentu Anda perlu mengetahui dampak konsumsi sukrosa berlebih terutama pada kesehatan anak. Memang, sukrosa adalah zat gula yang aman dikonsumsi. Tetapi, jika jumlah sukrosa yang dikonsumsi berlebihan, ada beberapa dampak buruk yang kemungkinan terjadi, yaitu:

  • Munculnya kerusakan gigi

Salah satu dampak dari konsumsi sukrosa yang berlebihan adalah kerusakan pada gigi. Hal ini didasarkan adanya zat gula yang tertinggal dan menumpuk di sela gigi. Zat tersebut akan bercampur dengan bakteri dan jika tidak rutin dibersihkan, maka akan berpengaruh pada kondisi gigi.

  • Meningkatkan risiko diabetes

Diabetes adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius dan susah untuk disembuhkan. Memang, diabetes cenderung terjadi pada seseorang yang sudah dewasa. Namun, pola konsumsi sukrosa yang berlebihan sejak dini hanya akan meningkatkan risiko diabetes anak di masa yang akan datang.

  • Mengurangi konsumsi makanan sehat lainnya

Produk susu yang memiliki kandungan sukrosa cenderung manis dan enak. Oleh karenanya, tidak jarang jika anak menyukainya dan bahkan bisa meminum susu beberapa gelas sekaligus.

Kondisi ini tentu cukup berbahaya karena nantinya ia bisa merasa kenyang dan enggan mengonsumsi makanan sehat lainnya. Jika hal ini dibiarkan, tentu saja kondisi kesehatan mereka akan menurun dan pertumbuhan serta perkembangan anak pun nantinya akan bermasalah serta terhambat.

Beberapa hal di atas adalah dampak buruk jika anak mengonsumsi susu dengan kandungan sukrosa yang tinggi. Oleh karenanya, sebagai orang tua, Anda harus bijak memilih produk susu yang hendak diberikan.

Tentu, setelah mengetahui apa itu sukrosa dalam susu, maka mulai saat ini pastikan Anda senantiasa mengecek kandungan dari produk susu yang hendak dibeli dan memilih produk susu dengan kandungan sukrosa yang rendah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *